Minggu, 18 Agustus 2013

Android Kuasai Pasar Smartphone, Samsung Penyumbang Terbesar.

Liputan6.com, Amerika Serikat : Sebuah laporan pasar terbaru menyebutkan bahwa penjualan perangkat smartphone di dunia mengalami pertumbuhan pesat. Banyaknya platform mobile membuat persaingan di pasar global terlihat mencolok.
Sistem operasi Android dari Google berhasil mendominasi pangsa pasar ponsel dunia dengan porsi 79%. Data yang dilansir Gartner dan dikutip Jumat (16/8/2013) mengungkapkan, Samsung menjadi penyumbang terbesar dari platform mobile'robot hijau' itu dengan penjualan 71 juta unit.
Platform iOS yang hanya digunakan di iPhone terjual sebanyak 31,9 juta unit. Jumlah itu mengalami penyusutan dengan hanya menguasai pangsa pasar sebesar 14,2% dari 18,8% di kuartal dua tahun lalu.
Windows Phone tercatat terjual sebanyak 7,4 juta unit membuatnya menguasai 3,3% pasar. Tahun sebelumnya, platform mobil besutan Microsoft itu mendapatkan pangsa pasar sebesar 2,6%.
Sedangkan platform mobile BlackBerry terlihat mengalami penurunan yang cukup drastis. Triwulan kedua 2013, BlackBerry hanya menguasai 2,7% pasar, turun drastis dari 5,2 pada periode yang sama tahun 2012.
Dua sistem operasi smartphone lainnya, Bada dan Symbian juga dikabarkan mengalami penurunan drastis. Bada dan Symbian hanya menguasai 0,4% dan 0,3% pangsa pasar, padahal tahun lalu keduanya menguasai 2,9% dan 5,9% dari total pasar seluruh dunia. (den/dew)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar